RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs. Zumrotul Wildan
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas/Semester : VIII / GENAP
Pertemuan Ke- : II
Alokasi Waktu : 1 X 15 menit
Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara puasa
I.
Kompetensi Dasar:
Menjelaskan ketentuan puasa
II.
Indikator:
1.
Menjelaskan
pengertian Puasa
2.
Menjelaskan
Syarat dan Rukun puasa
3.
Menjelaskan
amalan sunnah, amalan makruh
4.
Menjelaskan
hal- hal yang dapat membatalkan puasa.
III.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengalami
proses pembelajaran ini, siswa dapat menjelaskan
pengertian, Syarat, Rukun, amalan sunnah, amalan makruh dan hal-hal yang dapat
membatalkan puasa.
IV.
Pendidikan karakter peserta didik yang diharapkan
Setelah
mengetahui dan memahami materi puasa diharapkan peserta didik mempunyai nilai-
nilai Religius, kejujuran dan tanggungjawab.
V.
Materi Ajar:
1.
pengertian
Puasa
2.
Syarat
dan Rukun puasa
3.
Amalan sunnah, amalan makruh
4.
Hal- hal yang dapat membatalkan puasa
VI.
Metode Pembelajaran:
1.
Ceramah interaktif
2. Everyaone
Is A Teacher Here ( setiap murd sebagai guru)
3.
Writing In Here And Now (menulis pengalaman secara
langsung).
VII.
Langkah-Langkah
Pembelajaran:
Kegiatan
pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan Awal :
|
|
-
Salam pembuka dan presensi dan
apersepsi
|
1 menit
|
Kegiatan
Inti :
|
|
Ekplorasi = Guru meminta peserta didik untuk membuka
buku paket yang berkaitan dengan bab puasa, lalu guru menjelaskan tentang
tata cara puasa. Kemudian guru memfalisitasi untuk menyiapkan beberapa kertas
yang akan dibagikan kepada peserta didik.
|
2 menit
|
Elaborasi = setelah kertas dibagikan kepada peserta
didik kemudian guru meminta mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang
puasa yang telah atau sedang dipelajari, atau topik khusus yang ingin mereka
diskusikan dalam kelas. Lalu, guru mengumpulkan kertas- kertas tersebut,
dikocok dan dibagikan kembali secara acak kepada masing- masing peserta didik
dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan . undang
salah satu peserta didik untuk membacakan pertanyaan yang ada di tangannya.
Lalu, meminta peserta didik untuk memberikan respons atas pertanyaan atau
permasalahan tersebut, kemudian guru meminta pendapat atau melengkapi jawaban
tersebut. Jangan lupa guru memberikan apresiasi kepada setiap jawaban atau
tanggapan peserta didik. Kemudian kelas dilanjutkan dengan metode menulis
pengalaman secara langsung. Guru memilih jenis pengalaman peserta didik
tentang pengalaman puasa pertama peserta didik untuk mereka tulis. Guru
menginformasikan kepada peserta didik tentang pengalaman yang telah dipilih
untuk tujusn penulisan reflektif. Guru memberitahu mereka bahwa cara berharga
untuk merefleksikan pengalaman adalah dengan mengenangkan atau mengalaminya
untuk pertama kali dan saat sekarang. Kemudian, guru memerintahkan peserta
didik untuk menulis dan menyuruh menulis sebanyak mungkin yang mereka
inginkan tentang pengalaman perama melakukan puasa. Guru memberikan waktu
yang cukup untuk menulis. Setelah itu, guru menunjuk atau guru mengusahakan
peserta didik untuk mengacungkan jari untuk membacakan pengalamanya.
Kemudian, guru dan peserta didik mendiskusikan hasi pengalaman tersebut
bersama- sama.
|
6 menit
|
Konfirmasi = Guru bersamaan dengan siswa dapat
merumuskan apa itu pengertian tentang puasa, apa saja rukun dan syaratnya.
Dan amalan apa saja yang termasuk amlan sunnah dan makruh, juga mengenai hal-
hal yang membatalkan puasa.
|
2 menit
|
Kegiatan
Akhir :
|
|
Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi
pembahasan yang belum dimengerti. Guru menyimpulkan materi yang baru
dipelajari.
|
2 menit
|
Evaluasi dan tindak lanjut (terlampir)
dengan memberi tugas dirumah
|
2 menit
|
VIII.
Sumber/Alat/Bahan Belajar:
1. Buku
paket FIKIH kelas VIII
2. Lembar
kertas kosong
IX.
Penilaian
1.
Prosedur
Tes:
-
Tes awal : ada
-
Tes Proses : ada
-
Tes
Akhir : ada
2.
Jenis Tes:
-
Tes
awal : lisan
-
Tes
Proses : Pengamatan
-
Tes
Akhir : Tertulis
3. Alat
Tes:
-
Tes awal :
1. Apa
pengertian dari Puasa ?
2. Sebutkan
syarat- syarat yang merupakan syarat sah rukun puasa ?
-
Tes Proses
NO
|
Indikator
|
NILAI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Keaktifan peserta yang terlibat tanya jawab
|
|
|
|
|
|
2
|
Keaktifan peserta didik dalam belajar secara individu dan keberabian
dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan dalam ketrampilan
menulis
|
|
|
|
|
|
-
Tes tertulis
1. Apa
pengertian puasa menurut bahasa dan istilah Syara’ ?
2. Sebutkan
rukun puasa ?
3. Sebutkan
Syarat Puasa ?
4. Sebutkan 3 contoh amalan sunnah dalam
berpuasa ?
4. Sebutkan
3 Hal yang dapat membatalkan puasa ?
5. Sebutkan dalil Alqur’an yang menganjurkan
untuk berpuasa ?
6. Sebutkan amalan makruh yang dilakukan ketika
berpuasa ?
7. Sebutkan dalil yang menyatakan bahwa suntik
merupakan hal yang dimakruhkan pada saat berpuasa ?
Semarang, 12- juni- 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Dr. H. Teuku Wisnu, M.pd Lathifatus Syifa, M.pd.i
NIP. 10855777774176 NIP.10311112111112
Tidak ada komentar:
Posting Komentar