Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 01 Mei 2013

RPP MTs


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     : MTs. Zumrotul Wildan
Mata Pelajaran            : FIQIH
Kelas/Semester           : VIII / GENAP
Pertemuan Ke-            : II
Alokasi Waktu            : 1 X 15 menit
Standar Kompetensi   : Melaksanakan tata cara puasa

I.          Kompetensi Dasar:       
Menjelaskan ketentuan puasa

II.       Indikator:
1.       Menjelaskan pengertian Puasa
2.      Menjelaskan Syarat dan Rukun puasa
3.      Menjelaskan amalan sunnah, amalan makruh
4.      Menjelaskan hal- hal yang dapat membatalkan puasa.

III.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengalami proses pembelajaran ini, siswa dapat menjelaskan pengertian, Syarat, Rukun, amalan sunnah, amalan makruh dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
IV.    Pendidikan karakter peserta didik yang diharapkan
Setelah mengetahui dan memahami materi puasa diharapkan peserta didik mempunyai nilai- nilai Religius, kejujuran dan tanggungjawab.

V.       Materi Ajar:
1.        pengertian Puasa
2.        Syarat dan Rukun puasa
3.        Amalan sunnah, amalan makruh
4.        Hal- hal yang dapat membatalkan puasa

VI.    Metode Pembelajaran:
1.        Ceramah interaktif
2.    Everyaone Is A Teacher Here ( setiap murd sebagai guru)
3.        Writing In Here And Now (menulis pengalaman secara langsung).






VII. Langkah-Langkah Pembelajaran:

Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan Awal :

-          Salam pembuka dan presensi dan apersepsi
1 menit
Kegiatan Inti :

Ekplorasi = Guru meminta peserta didik untuk membuka buku paket yang berkaitan dengan bab puasa, lalu guru menjelaskan tentang tata cara puasa. Kemudian guru memfalisitasi untuk menyiapkan beberapa kertas yang akan dibagikan kepada peserta didik.
2  menit
Elaborasi = setelah kertas dibagikan kepada peserta didik kemudian guru meminta mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang puasa yang telah atau sedang dipelajari, atau topik khusus yang ingin mereka diskusikan dalam kelas. Lalu, guru mengumpulkan kertas- kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak kepada masing- masing peserta didik dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan . undang salah satu peserta didik untuk membacakan pertanyaan yang ada di tangannya. Lalu, meminta peserta didik untuk memberikan respons atas pertanyaan atau permasalahan tersebut, kemudian guru meminta pendapat atau melengkapi jawaban tersebut. Jangan lupa guru memberikan apresiasi kepada setiap jawaban atau tanggapan peserta didik. Kemudian kelas dilanjutkan dengan metode menulis pengalaman secara langsung. Guru memilih jenis pengalaman peserta didik tentang pengalaman puasa pertama peserta didik untuk mereka tulis. Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang pengalaman yang telah dipilih untuk tujusn penulisan reflektif. Guru memberitahu mereka bahwa cara berharga untuk merefleksikan pengalaman adalah dengan mengenangkan atau mengalaminya untuk pertama kali dan saat sekarang. Kemudian, guru memerintahkan peserta didik untuk menulis dan menyuruh menulis sebanyak mungkin yang mereka inginkan tentang pengalaman perama melakukan puasa. Guru memberikan waktu yang cukup untuk menulis. Setelah itu, guru menunjuk atau guru mengusahakan peserta didik untuk mengacungkan jari untuk membacakan pengalamanya. Kemudian, guru dan peserta didik mendiskusikan hasi pengalaman tersebut bersama- sama.
6 menit
Konfirmasi = Guru bersamaan dengan siswa dapat merumuskan apa itu pengertian tentang puasa, apa saja rukun dan syaratnya. Dan amalan apa saja yang termasuk amlan sunnah dan makruh, juga mengenai hal- hal yang membatalkan puasa.
2 menit

Kegiatan Akhir :

Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi pembahasan yang belum dimengerti. Guru menyimpulkan materi yang baru dipelajari.
2 menit
Evaluasi dan tindak lanjut (terlampir) dengan memberi tugas dirumah
2 menit



VIII.        Sumber/Alat/Bahan Belajar:
1.      Buku paket  FIKIH kelas VIII
2.      Lembar kertas kosong

IX.        Penilaian
1.      Prosedur Tes: 
-          Tes awal     : ada
-          Tes Proses  : ada
-          Tes Akhir   : ada
2.      Jenis Tes:
-          Tes awal     : lisan
-          Tes Proses  : Pengamatan
-          Tes Akhir   : Tertulis
3.      Alat Tes:
-          Tes awal :

1.      Apa pengertian dari Puasa ?
2.      Sebutkan syarat- syarat yang merupakan syarat sah rukun puasa ?

-          Tes Proses
NO
Indikator
NILAI
1
2
3
4
5
1
Keaktifan peserta yang terlibat tanya jawab





2
Keaktifan peserta didik dalam belajar secara individu dan keberabian dalam mengemukakan pendapat





3
Keaktifan dalam ketrampilan menulis







-          Tes tertulis

1.   Apa pengertian puasa menurut bahasa dan istilah Syara’ ?
2.   Sebutkan rukun puasa ?
3.   Sebutkan Syarat Puasa ?
4.   Sebutkan 3 contoh amalan sunnah dalam berpuasa ?
4.   Sebutkan 3 Hal yang dapat membatalkan puasa ?
5.   Sebutkan dalil Alqur’an yang menganjurkan untuk berpuasa ?
6.   Sebutkan amalan makruh yang dilakukan ketika berpuasa ?
7.  Sebutkan dalil yang menyatakan bahwa suntik merupakan hal yang dimakruhkan pada saat berpuasa ?

 


Semarang,  12- juni- 2012
Mengetahui                                        
Kepala Sekolah,                                              Guru Mata Pelajaran


Dr. H. Teuku Wisnu, M.pd                          Lathifatus Syifa, M.pd.i
NIP. 10855777774176                                   NIP.10311112111112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar