RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
MTs Zumrotul Wildan
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Aqidah Akhlak
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / 1I
|
StandarKompetensi
|
:
|
6. Menerapkan akhlak Terpuji kepada sesama manusia
|
KompetensiDasar
|
:
|
6.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk,
tasamuh, dan ta’awun
|
Indikator
|
:
|
6.3.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
|
AlokasiWaktu
|
:
|
1 X
15menit
( 1 pertemuan)
|
I.TujuanPembelajaran: Dengan
menggunakan strategi Power Point danGames (permainan)siswa
diharapkan mampu menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.
|
II. Karakter Peserta didik
yang diharapkan : bekerjasama (cooperation), rasa hormat dan perhatian
(respect), Berani (bravery),
Tanggung jawab (responsibility)
|
III. Materi Pembelajaran :
·
Akhlak terpuji kepada sesame manusia
|
IV.
MetodePembelajaran :
·
Ceramah (power point)
·
Games (permainan)
|
V. Langkah-langkahPembelajaran:
No
|
KegiatanPembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
|
KegiatanAwal
|
|
1menit
|
1
|
Menyampaikan apersepsi
|
k
|
|
|
|
|
|
|
KegiatanInti
|
|
|
2
|
Eksplorasi :
Guru menyampaikan materi sekilas tentang pengertian Akhlak Terpuji sesama manusia meliputi husnuzan, tawaduk, tasamuh dan ta’awun dengan menggunakan power point yang telah guru
persiapkan sebelumnya. Setelah itu, guru memfasilitasi siswa untuk bertanya apabila ada yang belum jelas
|
k/g
|
2menit
|
3
|
Elaborasi.
Guru
menggunakan strategi permainan yang bertujuan untuk lebih memahamkan siswa dan membuat siswa aktif dan agar suasana kelas lebih menyenangkan.
Dalam permainan ini, guru membagi para peserta didik ke dalam kelompok pemain dan kelompok pengamat. Kelompok permain terdiri dari dua kelompok ditugaskan untuk melakukan permainan. Untuk satu kelompok yang lain bertugas sebagai pengamat. Yang mengamati jalanya permainan. Kemudian, guru menjelaskan tata cara permainan.
Guru memegang kartu pancing yang soal berisi materi yang sudah dijelaskan sedangkan setiap pemain memperoleh pembagian satu set
kartu jawaban yang jumlahnya sama dengan jumlah kartu pancing.
Untuk pertama kalinya guru berfungsi sebagai pemenang dengan cara menurunkan atau memperlihatkan susunan kartu pancingnya
Masing- masing kelompok berusaha menjawab pertanyaan yang di berikan guru (melalui kartu pancingnya) dengan cara menurunkan atau memperlihatkan kartu. Siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar. Tugas pengamat adalah mengamati jawaban yang dilontarkan oleh kelompok
pemain benar atau salah.
Kelompok yang menjawab dengan cepat dan benarakan
memperoleh nilai 100.
Guru
menghentikan permainan apabila waktu permainan dianggap selesai. Siswa dengan nilai terbanyak menjadi pemenang dan guru
mengapresiasikannya dengan memberi hadiah.
|
k/g
|
8menit
|
4
|
Korfirmasi :
Guru bersama dengan seluruh anggota kelas bersama mengucapkan dengan suara keras tentang materi yang telah dipelajari
Guru memotivasi dan memfasilitasi siwa agar mau bertanya..
|
k/g
|
1 menit
|
|
Penutup
|
|
|
5
|
Guru menyimpulkan bahwa setelah mengetahui pengertian akhlak terpuji sesama manusia. Peserta didik harus menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.
|
k
|
1menit
|
6
|
Evaluasi/tes akhir ( terlampir )
|
i
|
1menit
|
Keterangan: i = Individual;
p = berpasangan; g = group; k = klasikal.
VI. Sumber Pembelajaran
:
· Buku paket PAI SMPkelas VIII
· Literatur
lain yang relevan
· Slide Power Point
VII. Media
Pembelajaran :
· LCD, Laptop
· Kartu pancing
|
VI. Penilaian:
Prosedur Tes:
-
Tes awal
: Tidak ada
-
Tes Proses
: ada
-
Tes Akhir
: ada
Jenis Tes:
-
Tes awal
: -
-
Tes Proses
: Pengamatan
-
Tes Akhir
: Take Home
Alat Tes:
-
Tes proses:
-
Tugas Rumah (Take Home)
Carilah dalil
naqli (ayat-ayat al-Quran atau hadits Nabi SAW) yang menjelaskan tentang Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.
|
Jepara,
04 Juni 2013
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
KepalaSekolah
Abu Ahmad Chalim, M.Pd.,M.M. Lathifatus Syifa,
M.S.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar