Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 12 Juni 2013

contoh RPP Aqidah Akhlak MTs


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
MTs Zumrotul Wildan
Mata Pelajaran
:
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
VIII / 1I
StandarKompetensi
:
6. Menerapkan akhlak Terpuji kepada sesama manusia
KompetensiDasar
:
6.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
Indikator
:
6.3.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
AlokasiWaktu
:
1 X  15menit ( 1 pertemuan)


I.TujuanPembelajaran: Dengan menggunakan strategi Power Point danGames (permainan)siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.

II. Karakter Peserta didik yang diharapkan : bekerjasama (cooperation), rasa hormat dan perhatian (respect), Berani (bravery), Tanggung jawab (responsibility)

III. Materi Pembelajaran :
·        Akhlak terpuji kepada sesame manusia

IV. MetodePembelajaran :
·        Ceramah (power point)
·        Games (permainan)

V. Langkah-langkahPembelajaran:
No
KegiatanPembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu

KegiatanAwal


1menit
1
Menyampaikan  apersepsi
k





KegiatanInti


2
Eksplorasi :
Guru menyampaikan materi sekilas tentang pengertian Akhlak Terpuji sesama manusia meliputi husnuzan, tawaduk, tasamuh dan taawun dengan menggunakan power point yang telah guru persiapkan sebelumnya. Setelah itu, guru memfasilitasi siswa untuk bertanya apabila ada yang belum jelas
k/g
2menit
3
Elaborasi.
Guru menggunakan strategi permainan yang bertujuan untuk lebih memahamkan siswa dan membuat siswa aktif dan agar suasana kelas lebih menyenangkan. Dalam permainan ini, guru membagi para peserta didik ke dalam kelompok pemain dan kelompok pengamat. Kelompok permain terdiri dari dua kelompok ditugaskan untuk melakukan permainan. Untuk  satu kelompok yang lain bertugas  sebagai pengamat. Yang mengamati jalanya permainan. Kemudian, guru menjelaskan tata cara permainan.
Guru memegang kartu pancing yang soal berisi materi yang sudah dijelaskan sedangkan setiap pemain memperoleh pembagian satu set kartu jawaban yang jumlahnya sama dengan jumlah kartu pancing.
Untuk pertama kalinya guru berfungsi sebagai pemenang dengan cara menurunkan atau memperlihatkan susunan kartu pancingnya
Masing- masing kelompok berusaha menjawab pertanyaan yang di berikan guru (melalui kartu pancingnya) dengan cara menurunkan atau memperlihatkan kartu. Siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar. Tugas pengamat adalah  mengamati jawaban yang dilontarkan oleh kelompok pemain benar atau salah.
Kelompok yang menjawab dengan cepat dan benarakan memperoleh nilai 100.
Guru menghentikan permainan apabila waktu permainan dianggap selesai. Siswa dengan nilai terbanyak menjadi pemenang dan guru mengapresiasikannya dengan memberi hadiah.

k/g
8menit
4
Korfirmasi :
Guru bersama dengan seluruh anggota kelas bersama mengucapkan dengan suara keras tentang materi yang telah dipelajari
Guru memotivasi dan memfasilitasi siwa agar mau bertanya..
k/g
1 menit

Penutup


5
Guru menyimpulkan bahwa setelah mengetahui pengertian akhlak terpuji sesama manusia. Peserta didik harus menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.
k
1menit
6
Evaluasi/tes akhir ( terlampir )
i
1menit
Keterangan: i = Individual;   p = berpasangan;   g = group;   k = klasikal.

VI. Sumber Pembelajaran :
·    Buku paket PAI SMPkelas VIII
·    Literatur lain yang relevan
·    Slide Power Point
VII. Media Pembelajaran :
·    LCD, Laptop
·    Kartu pancing


VI. Penilaian:

Prosedur Tes:
-         Tes awal     : Tidak ada
-         Tes Proses  : ada
-         Tes Akhir   : ada
Jenis Tes:
-         Tes awal     : -
-         Tes Proses  : Pengamatan
-         Tes Akhir   : Take Home

Alat Tes:
-         Tes proses:
NO
Indikator
NILAI
1
2
3
4
5
1
Keaktifan dalam metode ceramah





2
Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan





3
Keaktifan dalam bekerja sama dalam metode games










-         Tugas Rumah (Take Home)

Carilah dalil naqli (ayat-ayat al-Quran atau hadits Nabi SAW) yang menjelaskan tentang Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.



Jepara, 04 Juni 2013

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
KepalaSekolah




Abu Ahmad Chalim, M.Pd.,M.M.                               Lathifatus Syifa, M.S.I.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar